Selasa, 04 Juni 2013

Tehnik Mancing GT lele Spektakuler

 

Jurus Pemancing Bodoh

Dari awal mula mancing lele saya sangat tertarik untuk ngakalin ikan babon. Setiap kali mancing di pemancingan harian Tulang Pondok Ranji, fokus utama saya adalah mengangkat Jackpotnya yaitu 3 ekor lele dengan bobot 2kg lebih. Peristiwa yang terjadi sepanjang bulan Oktober 2011 yang lalu benar-benar sangat mengesankan sekali, bagaimana tidak selama 1 bulan penuh mancing disana saya berhasil menarik jackpotnya sebanyak 8 kali.
Setelah terjun ke Galatama Lele sayapun juga selalu terobsesi untuk menjadi juara Induk. Saya sering memperhatikan spot indukan dan mempelajari pola makannya dan untuk selanjutnya ketika saya berkesempatan menempati lapak yang sudah saya kenali spotnya maka semaksimal mungkin saya upayakan untuk mendapatkannya.
Dengan gaya mancing yang seperti ini saya sering menjadi pemancing yang paling bodoh seempang karena jika aura tubuh lagi kurang bagus maka selama 2 jam mancing bisa terjadi tidak mendapatkan 1 ekor ikanpun, tapi sebaliknya bilamana aura tubuh lagi bagus hasilnya bisa untuk mancing gratis selama 1 bulan penuh.  Sebagai contoh adalah hasil pancingan beberapa hari yang lalu dan bisa dilihat dari tabel berikut:
TANGGAL EMPANG HASIL
SESI 1 SESI 2
21-Feb-13 Dalih Induk 2 Induk 2
22-Feb-13 Rawa Papan - Induk 1+ Prestasi
23-Feb-13 Rawa Papan - Induk 1
24-Feb-13 Rawa Papan Induk 2 dan 3 -
Tujuan dan kepuasan mancing pada setiap orang tentunya berbeda-beda, namun bagi Anda yang suka berburu Induk mungkin beberapa tips yang saya gunakan ini bisa membantu:
  1. Tanamkan kedalam pikiran bahwa Anda akan berjuang dari dari awal sampai akhir untuk mendapatkan Induk.
  2. Lempar umpan pada spot yang diperkirakan ada Induknya.
  3. Setiap 5 menit tarik umpan dan atur kedalaman stopper lalu lempar kembali pada spot. Lakukan ini secara kontinyu selama 30 menit. Bilamana dimakan ikan tapi bukan Indukan stopper tidak perlu dirubah lagi.
  4. Setelah 30 menit berlalu dan Anda belum mendapatkan Induk lempar umpan ke spot lainnya yang diperkirakan ada Indukan dan melakukan hal yang sama seperti yang saya uraikan pada angka “2” dan “3” dan untuk selanjutnya setelah 30 menit berjalan dan Anda belum juga mendapatkan Induk maka Anda harus beralih ke spot pertama lagi dan melakukan hal-hal yang sama kembali.
  5. Selama berjuang jangan pernah terpengaruh dengan lapak lainnya yang telah mendapatkan ikan, tetap fokus pada tujuan, sebagai contoh pada tanggal 24 Februari 2013 ketika menjadi juara Induk 2 dan 3 saya hanya berhasil mengangkat 3 ekor ikan masing-masing 3.10kg, 3.70kg dan 3.75kg.
  6. Walau secara teori Indukan sering berada didasar tapi dari pengalaman cukup sering saya mendapatkan Induk disetengah dan ¾ kedalaman kolam, jadi jangan pernah ragu untuk menyetel kedalaman stopper secara ekstrem.
  7. Bilamana Anda masih berada di spot 2 sementara tenggakan atau gelembung nafas indukan berada di spot 1 segera arahkan umpan ke spot 1 dan lakukan lagi langkah “2” dan “3”.  
  8. Bilamana Anda mendapatkan Indukan diawal lomba dan diperkirakan susah untuk dilampaui, maka dalam kesempatan ini Anda baru boleh berfikir untuk mengejar prestasi.
  9. Satu hal besar yang bisa membuat perburuan induk gagal adalah pemancing kiri kanan yang terlalu sering menarik ikan melintasi spot, jadi bilamana Anda benar-benar yakin di spot tersebut ada indukan maka jangan pernah ragu untuk menegurnya.
Selamat berjuang dan semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi.


Salam Strike...!!! (copyed from www.sonnyboedihardjo.blogspot.com)

3 komentar: