Kamis, 23 Mei 2013

Umpan Galatama Lele Murah Meriah Tapi hasil Waaaah!!!!

Manajemen Biaya Umpan Galatama Lele

Mancing Galatama Lele bisa dikatakan adalah yang paling sulit dibandingkan galatama ikan yang lainnya, hal ini bisa terjadi mengingat selera makan ikan lele yang cepat berubah dan kondisi ini lebih diperparah lagi dengan tidak adanya penetapan keseragaman pada umpan dasar yang digunakan. Apapun boleh digunakan sebagai umpan dan hanya beberapa jenis umpan saja yang biasanya dilarang seperti penggunaan marus, kroto dan hanya sebagian kecil empang saja yang lebih memperketat pelarangan umpan seperti penggunaan cacing sutra, kapas dan beberapa umpan dasar lainnya.

Demi memuaskan keinginannya menarik ikan, seorang pemancing bahkan rela untuk membeli berbagai macam umpan yang mahal seperti telor sapu-sapu, telor patin, telor lele, daging sapi giling, kleper, tawon serta yang paling murah dan cukup populer diantaranya adalah pelet geleng atau sele yang harga per bungkusnya dalam kisaran Rp. 15.000,-.

Tanpa disadari biaya umpan yang dikeluarkan sangatlah besar dan sama sekali tidak ada jaminan bahwa Anda akan menang terus menerus bilamana menggunakan umpan mahal dimaksud. Sebagai contoh bila Anda mancing 2 sesi dalam sehari dengan rata-rata perolehan ikan 15 ekor per sesi maka sekurang-kurangnya harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 30.000,- untuk membeli 2 bungkus umpan sele. Tanpa disadari Anda yang terbiasa mancing 2 sesi setiap harinya akan menghabiskan biaya untuk membeli umpan sebesar Rp. 900.000,- dalam setiap bulannya.

Menyadari akan hal tersebut saya pada akhirnya memilih untuk menggunakan umpan murah meriah yang kualitasnya ditingkatkan dengan cara diberikan attractant dan essence. Tabel berikut adalah biaya umpan paling besar yang harus saya keluarkan untuk mancing 2 sesi dengan asumsi yang sama ketika menggunakan umpan sele yaitu neter.

No. Bahan  Biaya 
1 Jangkrik           5,000
2 60ml Cuka Grandong           3,000
3 30 tetes essen Probait           3,500

Jumlah              11,500
Bilamana Anda juga melakukan hal yang sama dengan saya, maka dalam 1 hari minimal Anda akan berhemat sebesar Rp. 18.500,- atau sebesar Rp. 555.000,- pada setiap bulannya. Jika Anda melakukan penghematan ini selama 2 tahun penuh maka jumlahnya menjadi cukup signifikan yaitu sebesar Rp. 13.320.000,- atau setara dengan nilai sebuah sepeda motor bebek keluaran HONDA ataupun YAMAHA.

Sahabat yang budiman,
Walau dengan umpan dasar yang murah meriah dan mudah didapat sepeti jangkrik, hasil pancingan saya juga tidak mengecewakan dan tercatat cukup sering juga juara Total maupun Induk diberbagai empang. Pastinya kepuasan atas kemenangan yang diraih dengan menggunakan umpan murah meriah adalah jauh lebih dahsyat bilamana dibandingkan dengan kemenangan yang diraih dengan menggunakan umpan jitu dan mahal.

Bilamana Anda ingin berhemat sebagaimana yang telah saya lakukan maka berikut adalah tipsnya:
  1. Jangan pernah ragu untuk berhemat karena caranya sangat mudah yaitu dengan investasi diawal untuk membeli essen yang berkualitas.
  2. Jangan pernah mengatakan tidak punya uang karena bila Anda bisa menunda keinginan mancing selama 3 hari dan menyisihkan biaya mancingnya maka secara otomatis Anda sudah memiliki dana yang cukup untuk membeli beberapa botol essen yang berkualitas 
  3. Kesalahan terbesar dari kebanyakan pemancing adalah ingin selalu menang sehingga yang dilakukan adalah selalu berganti umpan dan tanpa disadari hal ini  justru mengakibatkan kemenangan malah menjadi semakin jauh. Hindarilah hal tersebut dan gunakanlah serta percayalah selalu dengan umpan murah meriah Anda. Boncos adalah hal biasa karena banyak pemancing yang menggunakan umpan mahalpun sering boncos.
  4. Jangan pernah berkecil hati bilamana diawal umpan Anda tidak mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan, perdalam terus tehnik penggunaan umpan berikut dengan takaran essennya.
  5. Selama mendalami tehnik penggunaan umpan sebaiknya tidak berpindah empang, hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih mudah untuk memahami karakter dari umpan baru Anda.

Semoga ulasan singkat saya ini bisa bermanfaat dan alangkah berbahagianya bilamana 2 tahun lagi kita berjumpa dan Anda sudah memiliki sebuah sepeda motor baru.


Salam Strike…!!!

8 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Numpang tanya ... Kalo beli attractant dan essence-nya dimana ya ?

    BalasHapus
  3. gi....kok segitu doang ceritanya, terus kelanjutannya bgm ? tks Boetjek (FF)

    BalasHapus
  4. Resep Jitu untuk Galatama Lele

    Bahan ;
    1. Tepung Trigu 1/4 kg
    2. Reiko rasa ayam 4 bungkus
    3. Kuku bima rasa anggur 2 bungkus
    4. Kopi white luak 1 bungkus
    5. Susu dencow 1 bungkus
    6. telor aya 1 butir
    7. Miyak goreng

    cara buatnya ;
    Bahan no 1 s/d 5 diaduk sampai merata, selelah itu baru telor ayam di adung deng tpung stb dan tamahkan air sedikit
    tambahkan minyak goreng biar tidak lengket sampai halus

    BalasHapus
  5. Pak warsono itu empan yg bapak buat ada pengaruh nya gak dengan keadaan air nya kolam empang

    BalasHapus
  6. Om gi tu jangkrik'a cra pke'a gmn..d'buat hdp/mti..tanks

    BalasHapus
  7. Sy biasa mncing hrian jd msh pemula d'galatama..mhon d'bntu info'a om..

    BalasHapus
  8. Umpan babon lomba lele. Pakai lemak kambing 6 sendok maakan di panaskan di wajan sampai berminyak. Kemudian masukkan daging ayam yg di potong atau di swir. Sebentar saja saampai tercampur merata. Kemudian taro di wadah umpan. Aduk lagi agar merat lalu diamkan sampai 1 jam. Kemudian tutup rapat. Umpan siap di lempar kekolam. Agar ikan kumpul taburkan dilapak. Siap2 pegel tangan .Semoga beruntung...

    BalasHapus